Kanwil Pajak Aceh Kukuhkan 145 Relawan Dari Berbagai Perguruan Tinggi di Aceh

oleh

medialatahzan com. BANDA ACEH, – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Aceh mengukuhkan 145 Relawan Pajak di Gedung D lantai 5 Gedung Keuangan Negara Banda Aceh (Selasa, 07/02).

Kegiatan pengukuhan dilakukan secara luring dan daring melalui media Zoom Meeting. Para relawan ini berasal dari 7 Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Aceh yang terdiri dari 138 mahasiswa dan 7 non-mahasiswa.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Dekan FEBI IAIN Langsa, Prof. Dr Iskandar Budiman, MCL dan Dekan FEBI UIN Ar Raniry, Dr Hafas Furqani M.Ec.

Kepala Kanwil Pajak Aceh, Imanul Hakim dalam sambutannya mengatakan program Relawan Pajak 2023 merupakan program nasional dalam rangka penyuluhan melalui pihak ketiga.

“Akan ada pengalaman dan ilmu yang berharga yang didapat para relawan dalam menjalankan kegiatannya nanti, selamat kepada relawan yang telah dikukuhkan” ujar Imanul.

Dekan FEBI IAIN Langsa, Prof. Dr Iskandar Budiman, MCL menyampaikan sambutan mewakili para Ketua dan Pembina Tax Center.

“Terima kasih kepada Kanwil Pajak Aceh yang telah memfasilitasi para relawan untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan pajak yang sangat berharga” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan pengukuhan ini para Ketua dan Pembina Tax Center dari beberapa Perguruan Tinggi yaitu Jhon Andra Asmara, SE., M.Si., CA dari Universitas Syiah Kuala, Agustina, SE., M. Si dari Politeknik Kutaraja, Hafidhah, SE., MSi., Ak. CA dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Lakharis Inuzula, S.E., M.Si., Ak. CA dari Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, Ika Rahmadani, SE., M.Si., Ak dari Universitas Teuku Umar dan Dy Ilham Satria, SE, M.Si dari Universitas Malikussaleh.

Dalam kegiatan pengukuhan ini, para relawan dan undangan yang hadir diberikan materi edukasi penyampaian SPT Tahunan melalui e-filing dan pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang disampaikan oleh Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Aceh.

145 Relawan Pajak yang dikukuhkan berasal dari beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Aceh yaitu 26 relawan dari Universitas Syiah Kuala, 21 relawan dari Politeknik Kutaraja, 21 relawan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, 36 relawan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, 16 relawan dari Universitas Malikussaleh, 9 relawan dari Universitas Teuku Umar dan 16 relawan dari Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen.

Berdasarkan Nota Dinas Direktur P2Humas Nomor ND-2369/PJ.09/2022 tanggal 12 Desember 2022, terdapat dua jenis kegiatan yang akan dilakukan oleh para Relawan Pajak yaitu Asistensi SPT Tahunan dan Sosialisasi Mandiri.

Para Relawan Pajak akan melakukan Asistensi SPT Tahunan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan yang menggunakan Formulir SPT Tahunan 1770 dan 1771 (khusus untuk Wajib Pajak yang melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018), 1770S, serta 1770SS yang melaporkan SPT melalui e-filing.

Sedangkan dalam kegiatan Sosialisasi Mandiri para Relawan Pajak akan melakukan penyampaian informasi/materi perpajakan
kepada Wajib Pajak dengan menjadi narasumber, pendamping, dan/atau pendukung pembuatan materi penyuluhan perpajakan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *