Kapolres Aceh Jaya Ikut Memanen Produk Sigam Tampan

oleh

medialahzqn.com. CALANG – Kapolres Aceh Jaya AKBP Yudi Wiyono bersama unsur Forkopimda melakukan kunjungan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) di Gampong Padang Datar dalam rangka memanen hasil pertanian Sistem Gampong Tahan Pangan (SIGAM TAMPAN), Dalam upaya mendorong perekonomian masyarakat, Selasa, 7 Februari 2023.

Kegiatan kunjungan ini turut dihadiri oleh Kapolres Aceh Jaya, Anggota DPRK Aceh Jaya, Kepala Dinas Pangan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Camat Krueng Sabee, Kapolsek Krueng Sabee, Kabag Prokopim, Kepala BPP Krueng Sabee/PPL, Keuchik dan Aparatur Gampong Padang Datar.

Pada kesempatan tersebut Dr. Nurdin mengatakan bahwa kegiatan kunjungan hari ini adalah untuk menyemangati ibu-ibu KWT kelompok SIGAM TAMPAN. kita mencoba memanen tumbuhan yang telah ditanam seperti Mentimun, Kangkung, Gambas dan sebagainya, kemudian kita berikan kemasan yang bagus dan menarik agar sayur tersebut tetap higenis dan diminati oleh konsumen dan pasar.

Iklan Post

Selanjutanya Dr. Nurdin berpesan supaya masyarakat memanfaatkan program pangan yang ada di gampong untuk mengembangkan tanaman-tanaman seperti ini.

Sambungnya, kegiatan ini harus terus berlanjut secara continue, pastikan pasokannya selalu tersedia supaya bisa diproduksi setiap hari sehingga ada kepastian pasokan sayuran kepada para pedagang.

“Sebanyak 72 Gampong di Aceh Jaya telah mendapatkan Program SIGAM TAMPAN ini, kita mengharapkan supaya program ini bisa terus berlanjut dan bisa diikuti oleh Gampong-Gampong yang lain.” Ungkap Dr. Nurdin.

“Kita melihat bahwa Aceh Jaya memiliki kondisi alam yang strategis untuk bercocok tanam. jadi langkah kedepannya, kita ingin menargetkan supaya komoditi Cabe dan Bawang Merah bisa diproduksi secara masal. Ini merupakan peluang bagi kita untuk menjadi Kabupaten penghasil Cabe dan Bawang Merah sekaligus untuk menjaga dan mengantisipasi agar harga komoditi tetap terkendali. Cabe dan bawang merupakan salah satu komoditi penyumbang inflasi terutama menjelang puasa dan lebaran serta Idul Qurban. Kita juga sudah menyediakan becak untuk menjemput produk-produk SIGAM TAMPAN yang akan dijual sehingga ibu-ibu tidak perlu repot membawanya ke pasar” Jelasnya.

Dr. Nurdin meminta Kepala Dinas Pangan dan Kepala Dinas Koperasi ,Perindustrian, Perdagangan Aceh Jaya untuk menjajaki supaya produk produk SIGAM TAMPAN ini bisa masuk ke Pasar premium atau mini market, termasuk menyediakan pojok SIGAM TAMPAN di lokasi yang ramai.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa produk SIGAM TAMPAN ini sudah masuk ke pasar lokal, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada ibu-ibu hebat Gampong Padang Datar yang telah mendukung program ini. Nantinya kita akan berusaha untuk meningkatkan produk supaya bisa lebih menghasilkan.” Tutup Pj Bupati Aceh Jaya tersebut.( R/Udin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *