Gampong Lubok Sukon Dinobatkan Jadi Desa Wisata Terbaik

oleh -96 Dilihat
Gampong Lubok Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, resmi dinobatkan sebagai desa wisata terbaik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno, Kamis, 13 April 2023

ACEH BESAR.medialatahzan.com – Gampong Lubok Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, resmi dinobatkan sebagai desa wisata terbaik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno, Kamis, 13 April 2023

Peresmiannya ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Sandiaga saat visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 di Desa Lubok Sukon. Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal, Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, dan Sekda Aceh Besar, Sulaimi.

“Alhamdulillah, Lubok Sukon masuk ke dalam 75 besar desa wisata dengan keindahan alamnya dan juga keragaman budayanya, serta produk ekonomi kreatifnya yang membawa kita bukan hanya Rohali (rombongan yang hanya lihat) melainkan menjadi Rojali (rombongan yang jadi beli) produk ekonomi kreatif,” ujar Sandi.

Iklan Post

Sandi menilai, Desa Wisata Lubok Sukon memiliki keindahan alam, budaya dan ada juga rumah Aceh yang sangat original dan sangat unik sebagai sentra wisata sejarah.

“Saya mengingatkan tolong dijaga kelestarian budayanya karena hal tersebut adalah daya tarik. Semoga ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak, sehingga (wisatawan) yang datang ke Aceh bisa mampir ke Desa Wisata Lubok Sukon dan masyarakat desanya membuat banyak aktraksi agar terbuka peluang-peluang usaha serta lapangan pekerjaan,” pintanya.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza mengungkapkan dalam setahun ke belakang Pemerintah Aceh terus melakukan beberapa upaya peningkatan SDM bagi desa-desa wisata di Tanah Rencong.

“Salah satunya fokusnya yaitu di Desa Lubok Sukon. Alhamdulillah di sini kita sudah laksanakan pelatihan homestay, penyiapan atraksi wisata dan insyaallah ke depan kita buat pelatihan konten kreatif. Di sini komitmen kepemimpinannya dari tingkat kecamatan, desa, mukim serta anak muda, alhamdulillah sudah menunjukkan kinerja yang baik, dan hari ini sudah dibuktikan di depan Mas Menteri,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Sandiaga Uno melaksanakan kunjungan kerja ke Aceh selama dua hari, 12-13 April 2023. Di Tanah Rencong, selain memberikan motivasi kepada pelaku ekonomi kreatif, Sandi meresmikan tiga desa wisata yaitu Desa Wisata Lubuk Sukon (Aceh Besar), Desa Wisata Iboih (Sabang) dan Desa Wisata Aneuk Laot (Sabang).

Ketiga daerah itu terpilih sebagai desa wisata terbaik usai masuk dalam jajaran 75 besar desa wisata terbaik versi juri ADWI 2023. [ADV]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *