UIN Ar-Raniry dan ANRI Teken Rencana Kerja Tahunan

oleh

Jakarta.medialatahzan.com — Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bersama Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menandatangani dokumen Rencana Kerja Tahunan (RKT) di ruang rapat pimpinan ANRI, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. Saifullah MAg.

Turut disaksikan Plt. Kepala ANRI, Imam Gunarto, para deputi, dan Direktur PUSAKA, Sanusi Ismail.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Saifullah MAg menjelaskan bahwa sebelumnya UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan ANRI telah menandatangani Nota Kesepahaman pada Desember 2022 dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Desember 2023.

“RKT ini bertujuan untuk merealisasikan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua pihak yang dibuat pada Desember 2023,” ungkap Prof Saifullah.

Pada pertemuan tersebut, Prof Saifullah juga menegaskan komitmen UIN Ar-Raniry untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai aspek guna menjaga kualitas sebagai universitas berakreditasi Unggul.

“Kearsipan merupakan salah satu elemen penting yang perlu dikelola secara baik di perguruan tinggi. UIN Ar-Raniry berencana menerapkan e-office dan sistem pengelolaan arsip digital dalam waktu dekat,” ujarnya.

Untuk mendukung inisiatif tersebut, UIN Ar-Raniry berharap mendapat bantuan dari ANRI melalui pengembangan aplikasi, pelatihan arsiparis, dan dukungan lainnya.

Plt. Kepala ANRI, Imam Gunarto, menyatakan bahwa UIN Ar-Raniry memiliki arti khusus karena terletak di daerah yang memiliki sejarah penting berkaitan dengan sejarah Islam awal dan hubungannya dengan kawasan Islam lainnya, khususnya dengan Turki.

ANRI memiliki program untuk memperkaya koleksi arsip mengenai hubungan Indonesia dengan Turki dan mengharapkan adanya ahli Turki di UIN Ar-Raniry yang dapat membantu.

“Semoga melalui penandatanganan ini, kerja sama ANRI dan UIN Ar-Raniry dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang terukur serta membawa manfaat bagi kedua belah pihak,” tambahnya.

ANRI sangat antusias untuk merealisasikan kerjasama dengan UIN Ar-Raniry. Imam Gunarto meminta Sekretaris Utama, para Deputi, dan pejabat lainnya di lingkungan ANRI untuk mendukung kesuksesan implementasi RKT yang sudah disepakati oleh kedua pihak tersebut, termasuk menyelaraskan program dan anggaran di ANRI agar kerja sama dapat terlaksana dengan baik.

Selain dengan ANRI Pusat, sebagian dari kerjasama ANRI – UIN Ar-Raniry akan dilaksanakan oleh Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST), UPT ANRI yang berada di Aceh.

Ruang lingkup RKT yang telah disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak meliputi sepuluh program kegiatan yang akan dilakukan secara bertahap selama empat tahun ke depan.

Di antara program-program RKT tersebut adalah penyelenggaraan program magang, praktikum, dan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) di lembaga dan fasilitas ANRI yang akan diimplementasikan pada periode 2024 – 2027.

Program lainnya meliputi penyelenggaraan lembaga kearsipan di perguruan tinggi UIN Ar-Raniry, implementasi pengelolaan arsip dinamis dan arsip statis berbasis teknologi informasi dan komunikasi, serta pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia kearsipan di UIN Ar-Raniry.

Dalam bagian kerjasama ini, Pusat Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam di Aceh dan Alam Melayu (PUSAKA) UIN Ar-Raniry turut serta dalam pembentukan dan pengembangan Sistem Database Arsip Sejarah dan Tsunami, penyelenggaraan kegiatan kajian dan pengabdian masyarakat kearsipan bersama Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Direktorat Preservasi, dan Balai Arsip Statis dan Tsunami Arsip Nasional Republik Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *