Setelah Jadi PT Unggul, Minat Calon Mahasiswa Masuk  UIN AR-Raniry Meningkat 300 Persen Tahun 2024

oleh
Prof Dr. Mujiburrahman, MA 

BANDA ACEH.medialatahzan.com- Rektor Universitas Islam Negeri    (UIN) Ar-Raniry Prof Dr. Mujiburrahman, MA  mengatakan, alhamdulillah setelah UIN Ar-Raniry mendapat akreditasi Perguruan Tinggi (PT) unggul. Kami mencermati minat calon mahasiswa  yang melamar masuk ke UIN  itu bertambah, mungkin kalau berita yang selama ini tiga kali lipat, hampir 300 persen.

“ Jadi minat calon mahasiswa melamar masuk ke UIN itu sangat pesat. Meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal ini dikatakan Prof. Mujiburrahman, Rektor UIN Ar-Raniry kepada medialatahzan.com usai bersilaturrahmi dengan ngopi bareng (Ngobar) bersama puluhan wartawan media cetak, elektronik dan online mittra kerja UIN di Warung Kopi Solong, Pango Banda Aceh, Rabu malam (3/4/2024).

Rektor yang didampingi beberapa staf rektorat diantaranya  Kabag Humas UIN AR- Raniry , Said Farza dan Natriwad  menambahkan,  jadi satu sisi calon mahasiswa kita, anak-anak kita itu sudah cerdas, mereka memahami dan memastikan bahwa kampus yang  menjadi sasaran mereka untuk melanjutkan kuliah itu  betul -betul dari sisi akreditasi perguruan tingginya mereka  cari yang unggul.

Menurut Prof. Mujiburrahman, kuota penerimaan  mahasiswa UIN Ar-Raniry tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 7.000 mahasiswa. Saat ini yang sudah berjalan mekanisme penerimaannya dua  jalur, ada tiga jalur lagi.

“Mudah-mudahan kuota 7.000 itu terpenuhi. Sekarang mahasiswa aktif sekitar 22.000 orang , jadi kalau nantinya bertambah 7.000 misalnya dengan wisuda”, katanya.

Menurut Rektor UIN ini, ia menargetkan dalam dua,  atau tiga tahun ke depan  target mahasiswa UIN itu bisa mencapai 30.000 orang . Sedangkan fasilitas kampus saat ini memilki 55 program study yang dapat dipilih calon mahasiswa sesuai yang diminatinya plus pasca sarjana.

“ Jadi di 55 program study  inilah  tersebar mahasiswa kit aitu pada 9 Fakultas ”, ujar Mujiburrahman.

Peningkatan itu dapat dilihat dari perbandingannnya  yaitu , pada 2024, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN mencapai 8.604, naik drastis dari 2.015 pendaftar pada tahun 2023.

“Alhamdulillah, kita bersyukur jumlah peminat yang ingin menjadi mahasiswa UIN Ar-Raniry melalui jalur SPAN-PTKIN tahun 2024 ini meningkat 300 persen dari tahun sebelumnya, yaitu mencapai 8.601 orang peminat, dari kouta 1.992 yang tersedia,” kata Prof Yasir, Rabu (27/3/2024). (Udin)

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *