SEMOGA HASIL SSGI TAHUN INI ANGKA STUNTING DI PROVINSI ACEH TURUN SECARA SIGNIFIKAN

oleh

medialatahzan.com.SIMEULUE– Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional BKKBN Provinsi Aceh Drs Sahidal Kastri,M.Pd bersilaturrahmi kepada Bapak Bupati Simeulue Ahmadlyah, SH di pendopo Simeulue, kota Sinabang (6/22/2022)

Dalam pertemuan tersebut Sahidal Kastri menyampaikan hasil diskusi panel manejemen kasus Stunting tingkat kabupaten Simeulue yang di laksanakan di resort Nanik matanurung Kabupaten Simeulue.

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh turut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Yurnalesti, SH dan Ketua IPeKB Kebupaten Simeulue Rifalmi.

PJ Bupati Simeulue menyambut baik kehadiran Kapwr BKKBN dan rombongan seraya mengharapkan agar nantinya memiliki data yang valid dan satu data Stunting sehingga upaya intervensi berbagai kasus Stunting dilapangkan dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Para pejabat lainnya juga hadir, Selain Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh Drs. Sahidal Kastri, M.Pd, Kepala Bappeda Abdul Karim, S.Pd, Direktur Rumah Sakit Daerah dr. Farhan, Para Camat, Para Kepala Puskesmas, PKB PLKB, lintas Dinas yang terkait dan Kepala desa Lokus Stunting turut ambil bagian pada diskusi panel tersebut.

Direktur Rumah Sakit Daerah dr. Farhan Sebagai tim pakar pada materinya menjelaskan 1000 Hari Pertama Kehidupan menjadi dasar yang harus diperhatikan dan benar benar dikawal sehingga tidak terjadi kasus Stunting baru.

Kepala Dinas Kesehatan Simeulue menjelaskan tentang pentingnya menghindari empat terlalu dan diharapkan Bidan, TPK, PLKB agar mengawal sejak calon pengantin sehingga tahapan 1000 HPK dapat terkontrol dengan baik.

Dari hasil audit kasus Stunting menikah muda, Pola makan, pola asuh dan minum tablet tambah darah yang tidak teratur menjadi salah satu penyebab kasus Stunting di Kabupaten Simeulue.

Kepala Bappeda optimis kasus Stunting di Kabupaten Simeulue dapat terselesaikan dengan baik berkat kerjasama lintas dinas dan kerjasama semua pihak.

Hal tersebut dibenarkan dan diperkuat dengan statement kepala Perwakilan BKKBN Aceh bahwa komitmen pemerintah Daerah Kabupaten Simeulue cukup tinggi, semoga hasil SSGI akhir tahun ini penurunan Stunting di Provinsi Aceh turun secara signifikan. (Rilis Humas BKKBN Aceh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *