SEMARAK PESANTREN KILAT, SLB TNCC GELAR  LOMBA RAMADHAN BAGI SISWA ISTIMEWA

oleh

Pesantren kilat merupakan kegiatan yang lazim dilakukan sekolah dalam rangka mengisi bulan Ramadhan.

Kegiatan ini juga dilakukan di SLB TNCC dan dilaksanakan pada tanggal 3 – 14 April 2023. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta didik SLB TNCC dan dimulai pukul 08.30 – 11.00 WIB dengan Rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan Asmaul Husna oleh seluruh peserta didik dan guru di halaman sekolah.

Dilanjutkan dengan sebelum beberapa materi pembelajaran seperti Wudhu’, shalat dhuha, dzikir, doa, membaca surah pendek membaca iqra’, menonton film islami dan menyanyikan lagu islami.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai keagamaan serta perilaku yang berkarakter pada peserta didik yang sesuai dengan salah satu dari dimensi Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia sebagai tuntutan dari program Sekolah Penggerak.

Rangkaian kegiatan pesantren kilat juga diisi dengan kegiatan lomba islami yang dilaksanakan pada Kamis, 6 April 2023.

Beberapa cabang lomba yang diselenggarakan yaitu hafalan surah pendek dan doa sehari-hari, azan dan iqamah, membaca iqra’, praktek sholat serta lomba cerdas cermat.

Cerdas cermat merupakan cabang lomba baru yang perdana diselenggarakan di tahun ini untuk peserta didik kelas VI – VIII SLB TNCC.

Perlombaan berjalan dengan lancar dan meriah serta menguji pemahaman materi agama yang telah dipelajari selama di SLB TNCC dan melatih kemampuan kerja kelompok yang merupakan hal yang sulit bagi para siswa istimewa.

Para siswa tampak antusias dan mengikuti prosedur cerdas cermat dengan kooperatif baik pada babak penyisihan maupun final.

Kepala SLB TNCC, DM.Ria Hidayati, S.Psi.,M.Ed menyampaikan bahwa selaku sekolah penggerak SLB TNCC menjaga konsistensi program ramadhan ini dan diisi dengan kegiatan yang inovatif Tiap tahunnya agar semakin memenuhi kebutuhan siswa istimewa.

Penerapan ilmu agama dalam keseharian juga menjadi poin penting untuk mengasah diri anak menjadi insan yang berkarakter positif baik di rumah maupun di sekolah sehingga bisa mencapai kesejahteraan siswa (student well being).

Selain perlombaan islami SLB TNCC juga rutin mengadakan acara buka puasa bersama yang mengakomodir seluruh warga SLB TNCC baik secara internal seperti pihak yayasan rumah kita Indonesia, pengurus komite sekolah, wali murid dan dewan guru, maupun eksternal seperti pihak Gampong dan para mitra kerja.

DR. H. Dahlawi, M.Si selaku ketua yayasan dalam sambutannya mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program ramadhan di SLB TNCC secara konsisten.

Beliau juga menyampaikan bahwa pentingnya menjaga silaturahmi di bulan yang suci agar kekompakan antara pihak sekolah, orangtua serta semua pihak yang terlibat dalam penanganan siswa istimewa terus terjalin karena akan sangat mendukung peningkatan hasil belajar mereka ke depannya.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Jum’at, 7 April 2023 yang dihadiri oleh sekitar 200 orang. Serangkaian acara buka puasa bersama diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh ustadz Iswar Nurdin M.Ag dan juga pengumuman serta pembagian hadiah untuk pemenang lomba ramadhan SLB TNCC tahun 2023. Hujan yang turun mewarnai keakraban saat buka puasa bersama dan semoga menjadi pertanda Rahmat bagi SLB TNCC untuk menyelesaikan program ramadhan ini sampai tanggal 14 April mendatang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *