Rumoeh Aspirasi Aceh Dukung Masyarakat Kemukiman Lamteuba Aceh Besar  Tolak Pengungsi Rohingya

oleh

ACEH BESAR.medialatahzan.com – Ketua Rumoeh Aspirasi Aceh Marshuni. RA, yang disapa Cut Maini, menegaskan menyatakan mendukung sepenuhnya atas Keputusan Bersama dari Masyarakat Lamteuba yang menolak etnis Rohingya.

“,Hal ini untuk antisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan terjadi dikemudian hari”, kata Cit Maini saat menghadiri undangan untuk berdiskusi dan briefing Bersama Tokoh lamteuba beberapa hari yang lalu.

Harapan kami kepada para semua pihak, tambah Cut Maini, jangan membuat suatu pernyataan dan kebijakan yang sebelumnya tidak ada konfirmasi dengan warga Masyarakat setempat.

” Bila terjadi kegaduhan dikemudian hari malah akan menimbulkan pergolakan sosial lainnya, dan hal ini semua tidak kita inginkan terjadi, kata Cut maini yang ditemani oleh Teuku Abulis Samarkhan ; Tokoh Milenial Aceh Besar beserta rombongan.

Sebelumnya, sebagaimana pernyataan semua tokoh Masyarakat Lamteuba bila  pengungsi Rohingya diungsikan ke kemukimannya dikhawatirkan bakal terjadi gesekan dengan masyarakat setempat.

Sebagaimana pernyataan semua tokoh Masyarakat Lamteuba bila  pengungsi Rohingya diungsikan ke kemukimannya, dikhawatirkan bakal terjadi gesekan dengan masyarakat setempat. Terlebih dikatakannya, masyarakat setempat tidak begitu paham asal usul kenapa para pengungsi ini berdatangan terus ke Aceh, kata tokoh Lamteuba.

Ia mengajak warga setempat untuk ikut menciptakan kondisi yang kondusif.

” Mari kita ciptakan kondisi kondusif, kita rawat perdamaian ini dengan kebijakan utk kemashlahatan bersama. Kta hindari gejolak sosial untuk saat ini, apalagi mayoritas rakyat Aceh masih hidup dibawah garis kemiskinan,” kata Cut Maini yang juga Aktivis 98 ini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu LSM Aceh telah mengusulkan Kemukiman Lamteuba sebagai tempat penampungan sementara bagi pengungsi Rohingya.

Keputusan tersebut telah membuat keresahan bagi Masyarakat Kemukiman Lamteuba. Karenanya, para tokoh masyarakat kemukiman Lamteuba dengan tegas menolak jika Kemukiman Lamteuba di Jadikan tempat penampungan Rohingya.

Mereka beralasan, walau dengan alasan dan dilokasi manapun dalam wilayah kemukiman Lamteuba.

Masyarakat Mukim Lamteuba Kecamatan Seulimuem Kabupaten Aceh Besar menolak wacana pengungsi etnis Rohingya ditempatkan sementara di wilayah tersebut.

Masyarakat Kemukiman Lamteuba Kabupaten Aceh tidak terima jika wilayahnya dijadikan sebagai lahan untuk penampungan etnis Rohingya.

Penolakan tegas pengungsi Rohingya tersebut merupakan hasil musyarawah seluruh unsur tokoh adat, tokoh mukim, kepala desa dan semua unsur kepemudaan yang di pimpin oleh Imuem Mukim Lamteuba. (R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *