Pokja Kampung KB BKKBN Aceh, Memfasilitasi dan Bina Kampung KB

oleh

SUKA MAKMU.medialatahzan com. Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh melalui Pokja Kampung KB melakukan kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Kampung KB ke Kabupaten Nagan Raya tepatnya di balai Penyuluh KB Kecamatan Kuala, Kamis 23/11/2023.

Pada kesempatan itu dilakukan pendampingan pengisian Website Kampung KB yang di pandu oleh tim dari Pokja Kampung KB Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh dan diikuti oleh PKB/ PLKB kecamatan terdekat.

Pada kesempatan tersebut ketua Pokja Kampung KB Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh Efiyanti SH. M.A.P mengatakan Kabupaten Nagan Raya sudah mempunyai SK Pj. Bupati tentang Pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas yang baru untuk 197 desa. Sehingga seluruh desa di Kabupaten Nagan Raya sebanyak 222 Desa semua sudah berstatus sebagai kampung KB.

Pembentukan kampung KB di seluruh desa ini adalah sebagai upaya pemenuhan target yang diberikan Pemerintah, dimana target kita tahun 2023 Provinsi Aceh itu harus punya kampung keluarga berkualitas sebanyak 4507 Kampung KB yang merupakan target Nasional, ujar Efiyanti

Dari target 4507 tersebut namun sampai saat ini baru ada 4.282 yang sudah terbentuk kampung KB di Kabupaten/kota. Namun ada dua Kabupaten yang belum mempunyai SK pembentukan Kampung KB baru yaitu Aceh Utara dan Aceh Timur. Sementara Aceh Jaya dan Nagan Raya sudah ada SK insya Allah dalam waktu dekat akan kita input terus bisa tercapai, ujarnya sedangkan Aceh Utara dan Aceh Timur SK -nya sedang berproses.

Sebenarnya targetnya harus selesai di tahun 2023 dan tahun 2024 namun ada beberapa kabupaten termasuk Nagan Raya langsung menyelesaikan di tahun 2023 ini sehingga nanti untuk tahun 2024 kita tidak memikirkan lagi pembentukan Kampung KB tapi langsung ke pelaksanaannya. Ujar Bu Efiyanti

Adapun dalam arahannya Bu Efiyanti mengatakan dikabupaten Nagan Raya ada 25 kampung KB yang sudah terinput datanya di data Kampung KB hal ini kalaupun belum punya data di kampung KB baru, ada data kampung KB lama yang memang selama ini sudah kita bina nanti kita bisa lihat di kampung KB lama yang selama ini sudah kita bina sebanyak 25 Desa yang sudah punya klasifikasinya apa masih dasar atau dia sudah berkembang, mandiri atau malah berkelanjutan.

Menurutnya untuk menaikkan klasifikasi kampung KB dari dasar ke berkembang sebenarnya tidak susah hanya cukup mengisi profil data kependudukannya, mengisi Poktan yang diminta dan mengisi laporan kegiatan, sudah bisa naik ke berkembang jadi minimal tidak ada lagi lah yang dasar ujarnya.

Adapun tim Pokja Kampung KB memaksimalkan pembinaan dan tata cara pengiputan Data kampung KB selama 2 hari yang dipandu oleh sdr. Reva yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan KB kecamatan Kuala dimana nanti data kampung KB sudah terisi di web Kampung KB.
(Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *