Pj Bupati dan Ketua DPRK Tanam Bersama Demplot Padi di Bueng Pageu

oleh

Medialatahzan.com. KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP MM bersama Ketua DPRK Iskandar Ali SPd MSi, dan jajaran Forkopimda Aceh Besar melakukan tanam bersama demplot pertanian (padi sawah) di areal persawahan Gampong Bueng Pageu, Kecamatan Blang Bintang, Selasa (30/8/2022) siang.

Demplot atau demonstration plot adalah metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, dengan maksud agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.
Kegiatan itu dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan hasil produksi padi bagi petani di kawasan setempat.

Kegiatan itu juga diharapkan dapat memotivasi petani untuk lebih giat dalam melakukan usaha taninya terutama usaha tani padi sawah.

Iklan Post

Selain itu, melalui demontrasi plot itu diharapkan dapat mempercepat penyebarluasan teknologi budidaya padi, jagung, kedelai, yang baik sesuai rekomendasi badan litbang Pertanian dalam hal ini BPTP Provinsi Aceh.

Muhammad Iswanto dalam sambutannya, mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa bersyukur atas keberadaan areal persawahan yang luas dan subur di Aceh Besar.

Kepada para petani Muhammad Iswanto meminta agar segera melapor kepada pihaknya serta stake holder terkait jika ada permasalahan yang dihadapi di lapangan, agar dicarikan solusi secepatnya.

“Segera laporkan kepada kami jika ada permasalahan yang dihadapi agar bisa ditemukan solusinya,” kata Iswanto di hadapan para penyuluh pertanian.

Proses penanaman padi percontohan itu berlangsung di tengah hujan lebat yang mengguyur kawasan Blang Bintang. Namun kondisi itu tak menyurutkan semangat para pejabat yang hadir untuk turun ke sawah dan melakukan demonstration plot.

Sementara Ketua DPRK Aceh Besar Iskandar Ali mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kerja keras Pj Bupati Muhammad Iswanto yang terus turun langsung menemui masyarakat sejak awal pelantikan.

Iskandar berharap kerja keras tersebut akan membuahkan hasil sempurna bagi kemajuan pembangunan Aceh Besar, khususnya di sektor pertanian.

Iskandar juga menyampaikan harapannya terkait demonstration plot yang dilakukan di kawasan itu agar mendapat hasil panen yang maksimal.

Turut hadir dalam kesempatan itu, unsur Forkopimda, perwakilan Kodim 0101/KBA, perwakilan Polres Aceh Besar, Polresta Banda Aceh, Lanud SIM, Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar SP, Kepala Dinas PUPR Aceh Besar Syahrial, Pengurus KTNA dalam Kabupaten Aceh Besar, Camat Blang Bintang, Muspika Kecamatan Blang Bintang serta Koordinator BPP dalam Kabupaten Aceh Besar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *