Percepatan Penurun Stunting, BKKBN Aceh Gelar RAKERDA  Tiga Hari di Kota Banda Aceh

oleh
Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi  Aceh menggelar kegiatan rapat kerja daerah (Rakerda) yangi dilaksanakan pada tanggal 1 – 3 April 2024 bertempat di Hermes Hotel, Banda Aceh. Raker ddikuti 889 orang peserta secara hybrid dengan narasumber berasal dari BKKBN Pusat dan Provinsi serta Mitra Kerja Utama BKKBN. Foto/Redaksi/medialatahzan.com/

BANDA ACEH.medialathzan.com – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi  Aceh menggelar kegiatan rapat kerja daerah (Rakerda) yangi dilaksanakan pada tanggal 1 – 3 April 2024 bertempat di Hermes Hotel, Banda Aceh. Raker dikuti 889 orang peserta secara hybrid dengan narasumber berasal dari BKKBN Pusat dan Provinsi serta Mitra Kerja Utama BKKBN.

Demikian laporan  Kepala Perwakilan BKKBN Prov Aceh Safrina Salim, SKM.M.Kes kepada PJ. Gubernur Aceh yang membuka Rakerda, Selasa pagi (2/4/2024) di Herme Hotel Banda Aceh.

Tujuan dari kegiatan, kata Safrina, untuk meningkatkan dukungan dan komitmen seluruh stakeholder lintas sektor dalam upaya optimalisasi Bonus Demografi dan Peningkatan kualitas SDM di Provinsi Aceh malalui Pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Sedangkan tujuan khususi adalah : 1.Meningkatkan komitmen pemerintah Provinsi Aceh dan Kabupaten/Kota serta para mitra kerja terkait dalam mendukung program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, 2. Menyelaraskan arah kebijakan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024 di Provinsi Aceh; 3. Merumuskan rencana kerja / rencana aksi kegiatan prioritas pencapaian sasaran program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting di Provinsi Aceh.

BKKBN teken MoU dengan Dinkes,DPMG dan BAPPEDA Aceh/ Foto’Redaksi/Medialatahzan,com.

Dijelaskannya, Anggaran Pelaksanaan  Rakerda ini  bersumber dari APBN BKKBN Provinsi Aceh.

Rakerda ini dibuka  Pj Gubernur Provinsi Aceh diwakili Asisten 1 Setda Aceh dihadiri Kepala BKKBN RI yang diwakili Pembina Wilayah Dr. Ir Dwi Listyawardani, M.Sc,DIP.Com. Program Manager Sekretariat Stunting BKKBN Pusat, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Aceh.

Sekretaris Daerah  Provinsi Aceh selaku Ketua TPPS Provinsi Aceh, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh selaku Wakil Ketua TPPS Provinsi Aceh,  Ketua TP PKK Provinsi Aceh, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Daerah Iskandar Muda, Ketua Bhayangkari Provinsi Aceh, Kepala Biro Isra,  Para Kepala  Dinas/Badan Kementrian Lembaga Vertikal ,Para Kepala SKPA Provinsi Aceh.

Seterusnya, hadir sebagai peserta Para Ketua TPPS 23 Kab/Kota dalam hal ini Sekda Kab/Kota), Kepala OPD KB dari 23 Kabupaten/Kota se Provinsi Aceh dan Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota Se Provinsi Aceh.

Atas kehadiran undangan dan peserta Rakerda, Safrina Salim mmengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Lebih lanjut Kaper BKKBN menyebukan, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BKKBN menyusun program dan kegiatan dibidang Pembangunan keluarga, seperti peningkatan ketahanan keluarga , balita dan anak, ketahanan remaja dan ketahanan lanjut usia serta pemberdayaan ekonomi keluarga.

Di bidang kependudukan antara lain melaksanakan kerjasama Pendidikan kependudukan, pemanduan kebijakan pengendalian penduduk, perencanaan pengendalian penduduk serta analisis dampak kependudukan.

Sementara dibidang keluarga berencana meliputi program dan peningkatan akses dan kualitas pelayanan kontrasepsi, penyediaan alat dan obat kontrasepsi yang merata diseluruh wilayah dan fasilitasi Kesehatan, penggerakan pelayanan keluarga berencana di wilayah kumuh, miskin dan rentan serta kegiatan dalam rangka meningkatkan Kesehatan reproduksi bagi pasangan usia subur, papar Safrina.

 

Teken MoU Dengan DPMG, Dinkes, UIN dan Disdik Aceh

 

Mengawali sesi pertama untuk sejumlah agenda materi penting di hari kedua usai acara pembukaan, mendengar paparan pemateri dari Ketua TP PKK Aceh , Ny. Melani Bustami menyampaikan materi Pengintegrasian  BKB, PAUD dan Pos Yandu.

Sebelumnya BKKBN menandatangani MoU  tentang  PKS BKKBN Bersama  TPKK/Dinas  Kesehatan, DPMG,Bappeda dan DP3A. Dilanjutkan  MoU dengan UIN Ar-Raniry dan Dinas Pendidikan Aceh

Sedangkan hari pertama senin sore  oleh Sekretaris BKKBN selaku pemteri membahas Evakuasi Program Bangga Kencana dan Percepatan penurunan Stunting tahun 2023 dilanjutkan Tim Kerja tahun 2024 membahas  membahas  kebijakan,rencana dan strategi operasional Tahun 2024.

Di hari kedua menyelesaikan delapan agenda materi Rakerda dilanjutkan hari ketiga, Rabu dengan  lima kegiatan materi dan penutupan oleh Kepala BKKBN Aceh. (Udin)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *