Mesjid Al Furqan Beurawe Sediakan Penganan ” Kanji Rumbi ” Untuk Buka Puasa Selama Ramadhan 1444 Hijriah

oleh
Ir.H.Hasanuddin Ishak, M.Si

BANDA ACEH .medialatahzan.com – Pemerintah Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam ,kota Banda Aceh melalui Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Mesjid Al – Furqan Beurawe menyediakan buka puasa gratis bagi masyarakat yang berpuasa di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah.

“Selama Ramadhan 1444 H ini, yang sudah setiap tahun Pengurus BKM Al Furqan menyediakan kanji rumbi untuk berbuka puasa di Mesjid. Setiap hari dimasak dua belanga kanji rumbi. Satu untuk yang berbuka puasa di Mesjid, satu lagi untuk masyarakat, boleh diambil ke mesjid”, kata Ketua BKM Mesjid Al Furqan Beurawe, Ir.H.Hasanuddin Ishak, M.Si dihadapan jamaah shalat Isya dan taraweh pertama, Rabu malam (22/3/2023)

Insyaa Allah, makanan dan minuman yang kita sediakan ini untuk masyarakat yang berpuasa. Semua makanan dan minuman yang kita sediakan ini nantinya gratis, kata Hasanuddin.

Menurutnya, penyediaan makanan dan minuman gratis bagi umat muslim yang berpuasa di bulan suci Ramadhan tersebut, sebagai upaya kepedulian pemerintah gampung dalam memuliakan masyarakat yang menunaikan puasa di bulan suci Ramadhan.

Untuk biaya satu belanga kanji rumbi sebesar Rp.800 ribu. Dan para dermawan dapat menyumbang sesuai kemampuan sebagai kesrmpatan bersedekah di bulan mulia ini.

BKM Masjid Al Furqan juga menerima dari masyarakat yang ingin menyumbangkan makanan dan minuman untuk buka puasa.

BKM juga sudah membentuk Panitia yang diketuai H.Sulfa Fuadi. Panitia ini bertugas mengurus kelancaran pelaksanaan ibadah selama Ramadhan.
Dijelaskannya, selain menggelar ibadah shalat tarawih setiap malam, juga diisi ceramah-ceramah singkat sebelum tarawih, tausiah setelah shalat subuh oleh penceraham profesional dalam kota Banda Aceh.

Ia mengajak masyarakat gampong Beurawe supaya tetap meramaikan dan memakmurkan mesjid dengan berbagai kegiatan.

Kenduri Nuzul Qur’an

Hasanuddin minta dukungan dan partisipasii masyarakat untuk sejumlah agenda kegiatan BKM sudah terjadual adalah memberikan pembinaan untuk anak-anak tahfidz Al Qur’an selama 20 hari, kenduri Nuzul Qur’an dan Khatam Al Qur’an pada 17 Ramadhan atau hari Sabtu, 8 April 2023.

 

Qiamullail 10 Hari Terakhir

Kemudian menggelar qiamullail pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan 1444 H.

” Penyelengfaraan qiamullail di Beurawe sudah dilaksanakan selama 23 tahun, setiap tahun di Mesjid Al Furqan Beurawe, mubgkin pertama melaksanskan qiamullail di Banda Aceh”, kata Hasanuddin.

Diakhir ceramahnya, Hasanuudin Ishak mantan Kepala Dinas Perhubungan dan Kadis PU Pengairan Aceh ini, Ia juga selaku Ketua Panitia Pembangunan Rumah Tahfidz Beurawe yang terletak di Samping Mesjid Beurawe, mengajak masayarat memberikan sumbangan terbaiknya untuk menuntaskan pembanguan Ramah Tahfidz tersebut, baik dalam uang maupun bahan material bangunan.(Kas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *