,

Kantor Pajak Bireuen Lakukan Pekan Panutan SPT di Kodim 0111

oleh

medialatahzan com.BIREUEN, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bireuen, gelar sosialisasi pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Pekan Panutan SPT Tahunan. Acara tersebut dilangsungkan di Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0111 di daerah itu, Selasa (14/2/2023).

Dandim 0111 Bireuen, Letkol Inf Ade Munandar, dalam sambutannya, nyatakan dukungan terhadap penggunaan Single Identity Number (SIN), yakni NIK yang nantinya menjadi NPWP dalam hal layanan administrasi perpajakan.

 

Tentunya, sambung Dandim, hal tersebut merupakan penerapan dari aturan UU, dan secara teknis akan mempermudah wajib pajak dalam proses pengurusan dan pelayanan yang diberikan oleh negara.

Pada kesempatan itu, Letkol Inf Ade Munandar juga menyampaikan bahwa, saat ini, seluruh personil di Kodim 0111 Bireuen, telah melaporkan SPT Tahunan. Kemudahan yang diberikan pihak pajak dengan sistem online saat ini, sambungnya, membuat para anggotanya dalam hal pelaporan SPT Tahunan tidak perlu lagi datang ke kantor pajak.

Dapat saya sampaikan, kata Dandim lagi, dari 400 personil TNI di Kodim 0111, 95 persen
diantaranya telah melaporkan SPT Tahunan secara online dan tepat waktu.

Sementara itu, sisanya, yakni sebanyak 24 anggota belum melaporkan karena kendala teknis ,yakni EFIN, dan data lainnya, ungkapnya.

Harapan kami, pihak KPP Bireuen, dapat melakukan pendampingan terhadap anggotanya yang belum dan masih terkendala secara teknis dalam melaporkan SPT Tahunan.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Bireuen, Ghulam Ahmad Syafaqi, dalam acara itu
menerangkan perihal tugas dan kewenangan yang diberikan negara terhadap Direktorat
Jenderal Pajak (DJP) untuk mengumpulkan pajak dari masyarakat.

“Tugas ini sangat berat, tapi harus kita laksanakan demi memastikan pembangunan di negara”, ujarnya.

Setiap rupiah pajak yang dibayarkan oleh setiap warga negara, dipastikan akan digunakan untuk pembangunan pelayanan kesehatan, pemulihan ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat itu sendiri.

Untuk itu, sambungnya lagi, diperlukan sinergisasi, kolaborasi dengan segenap pemangku kepentingan yang ada di daerah ini untuk optimaliasi pemungutan pajak.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dandim dan jajarannya, sehingga acara sosialisasi yang kami gelar berjalan dengan sukses,” ujarnya. (R/ Udin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *