Hujan Lebat, Dua Desa di Pulau Simeulue Aceh Dilanda Banjir

oleh

Banda Aceh .medialatahzan.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan dua desa dilanda banjir menyusul hujan lebat disertai angin kencang di daerah itu.

Petugas membantu warga melintas di jalan yang dilanda banjir di Kabupaten Simeulue, Jumat 1,September, 2023

Sampai saat ini laporan yang kami terima ada dua desa di dua kecamatan di Simeulue dilanda banjir. Belum ada pengungsian akibat bencana tersebut. Ketinggian air mencapai betis orang dewasa

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simeulue Zulfadli di Simeulue, Jumat, mengatakan selain banjir, beberapa pohon kayu tumbang menutup badan jalan.

“Sampai saat ini laporan yang kami terima ada dua desa di dua kecamatan di Simeulue dilanda banjir. Belum ada pengungsian akibat bencana tersebut. Ketinggian air mencapai betis orang dewasa,” kata Zulfadli.

Adapun desa yang dilanda banjir tersebut yakni Desa Abail di Kecamatan Teupah Tengah dan Desa Labuhan Jaya di Kecamatan Teupah Selatan. Sedangkan pohon tumbang menutupi badan jalan terjadi di Desa Suak Buluh, Kecamatan Simeulue Timur.dikutip dari Antaranews.Com

“Tim BPBD sudah dikerahkan ke lokasi banjir membantu warga terdampak bencana. Sementara untuk pohon tumbang, pihak BPBD Simeulue telah melakukan pembersihan,” kata Zulfadli.

Sampai saat ini, lanjut dia, warga terdampak banjir masih bertahan di rumah masing-masing. Belum ada laporan korban jiwa akibat banjir tersebut. Sedangkan kerugian materi masih dalam pendataan.

Berdasarkan peringatan dini BMKG, kata Zulfadli, ada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Simeulue hingga beberapa hari ke depan.

Oleh karena itu Zulfadli mengimbau masyarakat di Kabupaten Simeulue mewaspadai cuaca ekstrem berpotensi menyebabkan bencana alam tersebut seperti banjir, tanah longsor, maupun pohon tumbang.

“Kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana serta pesisir pantai dan pegunungan diimbau meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” ujar Zulfadli.(Rafli).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *