Gelar Teknologi Tepat Guna di Aceh Besar Tingkatkan Denyut Ekonomi Masyarakat

oleh
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyampaikan sambutan pada kegiatan pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-24 Tingkat Provinsi Aceh di kompleks JSC Kota Jantho, Selasa (30/5/2023) malam. FOTO/ PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

KOTA JANTHO.medialatahzan..com – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh, Ir Mawardi membuka kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-24 Tingkat Provinsi Aceh di kompleks Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, Selasa (30/5/2023) malam.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, para Bupati/Walikota dan Pj Bupati/Walikota se-Aceh, anggota DPRA, Forkopimda, Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, Kepala OPD, Kepala BPMG se-Aceh, pelaku UMKM, dan tokoh-tokoh masyarakat. Tampak ribuan masyarakat memenuhi komplek Jantho Sport City (JSC).
Sebelum kegiatan pembukaan, para undangan terlebih dahulu dijamu dalam kegiatan Gala Dinner di Meuligoe Bupati Aceh Besar. Selanjutnya, para pejabat tersebut menuju lokasi pembukaan di komplek JSC Kota Jantho.
Selaku tuan rumah, Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM mengungkapkan selamat datang dan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi semua pihak atas terlaksananya Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Aceh ke-24 tahun 2023 yang digelar di Kota Jantho sejak 30 Mei hingga 2 Juni 2023.
Iswanto didampingi Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani SIP MM menjelaskan, sebagai tuan rumah, Kabupaten Aceh Besar sudah sejak beberapa bulan yang lalu mempersiapkan berbagai hal guna menyukseskan event bergengsi tingkat Provinsi Aceh ini dengan tema yang diusung “Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Penurunan Stunting Melalui Pemanfaatan Alat Teknologi Tepat Guna”. “Tentunya kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengajak semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Provinsi Aceh di Kota Jantho tahun ini. Mengingat kegiatan tahunan yang sedang kita laksanakan ini begitu penting dalam rangka memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna dan peningkatan denyut ekonomi masyarakat dan UMKM yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh,” ujarnya.
Selain itu, tentunya perhelatan Gelar Teknologi Tepat Guna ini juga menjadi motivasi bagi semua pihak untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat gampong melalui berbagai inovasi yang berbasis kearifan lokal. Dengan demikian dapat meningkatkan ketahanan pangan dan dapat bermanfaat guna penurunan angka stunting.
Oleh karena itu, harapan bersama melalui pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna ini akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan. Apalagi, acara Gelar Teknologi Tepat Guna ini mengedepankan teknologi berbasis sederhana dan mudah diterapkan oleh masyarakat gampong. Sehingga melalui kegiatan ini tentunya dapat mencari dan menemukan alat teknologi guna menunjang ekonomi masyarakat.
Terlebih jika dimanfaatkan secara optimal, peranan Teknologi Tepat Guna diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu dalam mewujudkan usaha produktif yang efisien di tengah-tengah masyarakat.
Sementara itu, Asisten II Setda Aceh, Ir Mawardi mengemukakan, melalui Gelar TTG ke-24 Provinsi Aceh, diharapkan berbagai potensi teknologi tepat guna yang dimiliki kabupaten/kota di Aceh dapat lebih terangkat dan dikenal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Terima kasih kepada kabupaten/kota yang sudah berpartisipasi untuk menyukseskan Gelar TTG ini,” ungkapnya.
Kadis PMG Provinsi Aceh, Dr Ir Zulkifli MSi menyampaikan apresiasi kepada kabupaten kota yang sudah berpartisipasi dalam even ini. “Melalui Gelar TTG ke-24, semakin memotivasi kita semua untuk terus berkarya dan berinovasi,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, juga diumumkan juara lomba Inovasi Alat-alat TTG dan Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023. Adapun untuk lomba TTG Unggulan, juara I, II dan III diraih oleh Faisal (Aceh Besar), Bustanil Suwardi (Nagan Raya) dan Is Suarli Khutni (Aceh Besar).
Untuk lomba Posyantek terbaik, juara I, II, dan III masing-masing diraih Zarkashi Zakaria (Kota Langsa), Reza Aulia (Aceh Besar) dan Hasbi (Aceh Besar). Untuk lomba inovasi alat TTG, juara I, II, dan III diperoleh Khairul (Pidie Jaya), Amrizal (Aceh Besar) dan Mahyeddin Abubakar (Aceh Utara).
Sedangkan untuk lomba gampong terbaik tingkat Provinsi Aceh tahun 2023, juara I, II, III, harapan I dan harapan II dimenangkan oleh Gampong Mane Tunong Aceh Utara, Gampong Lubok Batee Aceh Besar, Gampong Meunasah Timu Bireuen, Gampong Penyerat Banda Aceh serta Gampong Cekal Baru Bener Meriah.(**)

 

Iklan Post

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *