Disbudpar Aceh Segera Luncurkan Kalender Event 2023, Dimeriahkan Kenduri Kuah Beulangong

oleh
Keterangan : Menyantap kuah daging bersama di acara peluncuran Khazanah Piasan Nanggroe 2023. (Foto: Dok Disbudpar Aceh)

BANDA ACEH.medialatahzan.com – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh segera meluncurkan kalender event budaya dan pariwisata yang dikemas dalam Khazanah Piasan Nanggroe (KPN) 2023.

Peluncuran kalender event tersebut akan berlangsung di Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII), DKI Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal menjelaskan pada tahun ini Khazanah Piasan Nanggroe menampilkan 76 event budaya dan wisata.

Event-event tersebut merupakan kolaborasi Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota serta instansi lainnya.

“Alhamdulillah, sedikitnya ada 76 event budaya dan wisata akan diselenggarakan sepanjang tahun ini. Dari 76 event, tiga di antaranya masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf RI atau kalender event nasional 2023, yakni ada Sabang Marine Festival, Aceh Ramadhan Festival dan Aceh Culinary Festival (ACF),” ujar Almuniza, Sabtu, 25 Agustus 2023.

Bahkan, kata Almuniza, ACF atau Festival Kuliner Aceh masuk ke dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara 2023. ACF 2023 rencananya bakal digelar pada Juli mendatang.

Oleh sebab itu, Almuniza berharap setiap pelaksanaan event Khazanah Piasan Nanggroe mampu meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan perekonomian lokal dan memberikan dampak positif pada ekonomi, sosial, budaya, serta lingkungan.

“Tahun ini kita insyaallah akan melaksanakan perhelatan akbar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII pada Agustus mendatang. Kegiatan ini dipastikan bakal menyedot perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Banda Aceh,” ungkap Almuniza.

“Target kita tahun ini Aceh dikunjungi 2,5 juta wisatawan. Untuk mencapai itu semua, tentunya kita semua harus berkolaborasi untuk mengerakkan perekonomian dan promosi pariwisata melalui event budaya dan atraksi wisata, sport tourism hingga event-event yang berkaitan dengan festival,” sebutnya lagi.

Almuniza menambahkan, peluncuran Khazanah Piasan Nanggroe juga bakal berbarengan dengan launching Aceh Culinary Festival. Acaranya digelar di lokasi yang sama atau tepatnya di Rumoh Cut Meutia.

“Konsepnya kita buat suasana gampong Aceh di Jakarta. Ada atraksi teatrikal masyarakat Aceh zaman dulu. Selain itu juga terdapat khanduri kuah beulangong sebagai ajang silaturahmi warga Aceh di Jakarta dan promosi Khazanah Piasan Nanggroe 2023,” pungkasnya. [ADV]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *