Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD dan MI

oleh

Medialatahzan.Kota Jantho – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Aceh Besar tahun 2022 di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar, Selasa (26/7/2022).

Hadir dalam kesempatan itu, pejabat Disdikbud Aceh Besar, pejabat Kankemenag Aceh Besar, para guru pendamping, dan dewan juri.

Ketika membuka kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM yang diwakili Asisten III Setdakab Aceh Besar Jamaluddin SSos MM mengungkapkan, lomba bercerita di kalangan siswa merupakan salah satu metode yang efektif dalam pembelajaran maupun menumbuhkembangkan minat baca anak, karena memberikan pemahaman yang mudah kepada anak-anak.

Dikatakannya, membaca dongeng, cerita, maupun sejenisnya akan menimbulkan daya tarik bagi anak, sehingga akan menanamkan kebiasaan membaca sejak dini.

“Tentunya, Pemkab Aceh Besar sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat mendorong dan semakin memotivasi anak-anak untuk giat membaca,” ucapnya.

Lebih lanjut, Asisten III Setdakab Aceh Besar itu menerangkan, lomba bercerita tingkat SD dan MI merupakan salah satu upaya untuk pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca dan menulis di kalangan anak-anak.

Tujuan yang ingin dicapai antara lain untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui kegiatan variatif.

Selain itu, dapat meningkatkan kreativitas mengolah dan menyampaikan informasi, menarik minat baca anak terhadap buku-buku cerita budaya daerah serta menumbuhkan kecintaan terhadap budaya, khususnya budaya lokal daerah, yang mengandung nilai-nilai perjuangan, kepahlawanan, atau legenda yang membangun pendidikan karakter bangsa.

“Kita berharap, kegiatan lomba bercerita ini bisa terus berlanjut, tidak hanya pada ajang pelaksanaan lomba, tapi anak-anak di Aceh Besar dapat membiasakan membaca dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. ( R/ udin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *