BKKBN Fokus Turunkan Stunting Untuk Mengentaskan Kemiskinan di Indonesia

oleh

SAMAR KILANG (BENER MERIAH) – Sekretaris Perwakilan BKKBN Aceh Husni Thamrin SE.MM. mengatakan, masalah stunting berkaitan dengan keluarga balita, remaja dan lansia, Ini juga salah satu fokus kegiatan utamanya untuk mewujudkan Keluarga berkualitas menuju sumber daya manusia unggul.

” Perlu kita pahami dulu apa itu sebenarnya stunting. Dari dasar peraturan Kepala BKKBN nomor 13 tahun 2022 diterbitkan RANPASTI ( Rencana aksi nasional penurunan angka stanting Indonesia).Ini ada berdasarkan amanah Perpres nomor 72 tahun 2021″.

Demikian diungkapkan Husni Thamrin SE.MM yang juga selaku Ketua Kordinator PPS Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh dihadapan peserta Sosialisasi berbasis ketahanan keluarga dalam rangka percepatan penurunan Stunting bersama para Reje se kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah, Minggu ( 31/6/2022)

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor Kecamatan syiah utama ini dibuka oleh Camat Kecamatan Syiah Utama Mustaqim.

Acara ini dihadiri Hadiri Sekretaris Perwakilan BKKBN Aceh Husni Thamrin. SE.MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Bener Meriah Hj. Susnaini S.Ag dan jajaran serta para Reje sekecamatan Syiah Utama dan Para ibu ibu kader.

Sekretaris BKKBN, Husni Thamrin SE.MM lebih lanjut memaparkan bahwa dalam RANPASTI perlu memahami mekanisme pelaksanaan, bagaimana bersama-sama, bergotong royong, bersatu bersinergi untuk menurunkan angka stunting.

Karena, katanya lagi, angka stunting ini sangat penting untuk kualitas masa depan anak- anak kita.

” Dasarnya cita-cita Indonesia ini di tahun 2045 menjadi generasi berkualitas. Untuk mencapai Indonesia Emas maka dengan itu dibutuhkan SDM yang unggul”, katanya.

ni

Dia berharap semua pihak dapat berkolaborasi atau bersatu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa – desa dengan upaya penurunan angka stunting.

Sementara itu Mustaqim, Camat Syiah Utama menyatakan, sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh BKKBN terkait penanganan Stunting khususnya di kecamatan Syiah Utama.

” kita sangat mendukung program ini,
dan mengharapkan kepada BKKBN agar lebih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan di kecamatan Syiah Utama”, ujar Mustaqim.

Dia berkeyakinan program penurunan Stunting di kecamatan Syiah Utama cepat tertangani, apalagi dalam waktu dekat Perguruan Tinggi Payung Negeri Kabupaten .Bener meriah akan mengirimkan mahasiswa dan mahasiswi dalam program KKN yang akan fokus pada program percepatan penurunan Stunting, lapor Mustqim lagi.

Sedangkan Kepala Dinas DP3AKB Hj.Susnaini S.Ag dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Perwakilan BKKBN Aceh yang telah bersedia hadir kecamatan Syiah Utama, dimana belum ada tim Provinsi yang berkunjung ke kecamatan Syiah Utama ini. ( R/udin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *