Serangkaian Hari Perhubungan Nasional, Dishub Aceh Gelar Donor Darah Untuk Peduli Sesama

oleh
T.Faisal. S.T. M.T.

BANDA ACEH. medialahtazan.com – Dinas perhubungan Aceh melaksanakan Donor Darah secara rutin serangkaian tiap tahun dalam rangka memeringati Hari Perhubungan Nasional, yang jatuh pada,17,September 2023.

Kadis Perhubungan Aceh, T.Faisal. S.T. M.T. mengungkapkan hal itu saat donor darah digelar di halaman Kantor Perhubungan Provinsi Aceh, Kamis, (7/9/2023).

Dalam kegiatan donor darah kali ini, karena bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional, mengundang Semua yang terkait dengan perhubungan, yang jumlahnya lebih dari 200. Karyawan dan karyawati, Forum Damri, SDP, BMKG, Angkasa Pura, Politeknik Pelayaran. kata Faisal.

Ia menyebutkan, tujuan donor darah ini untuk dapat membantu sesama manusia dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Donor darah adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu orang lain, bahkan menyelamatkan nyawa, orang lain.

Dari 200 ebih pendonor yang bisa di donor, hanya dapat 121, kantong darah, yang lainya hasil pemeriksaan tidak bisa di donor, dikarenakan ada yang minum obat atau begadang malam dll, katanya.

“Keuntungan lain dari donor darah adalah bermanfaat bagi pendonor. Diantaranya yaitu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko kanker dan membakar kalori. Dengan menyumbangkan, 350ml darah berarti membakar 525 kalori,”.

Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional, tidak lama lagi,17, September,2023, Kadis Perhubungan Aceh, T. Faisal, berharap darah yang didonorkan nantinya bisa membatu kesediaan darah di PMI, dan juga bisa membantu bagi pasien yang membutuhkannya.

Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh, Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan, katanya.

“Harapannya kegiatan ini berjalan lancar dan paling tidak kami bisa menyumbangkan atau membantu sesama atau masyarakat yang membutuhkan juga mempererat kerja sama dengan satuan kerja di lingkup Perhubungan Aceh,ujar T.Faisal.

Kegiatan donor darah diawali dengan registrasi para peserta.Bagi para peserta dipersilakan untuk sarapan terlebih dahulu, yang telah disediakan oleh panitia donor darah

Dilanjutkan pemeriksaan kesehatan oleh tim dari PMI. Pemeriksaaan  meliputi pemeriksaan tekanan darah, golongan darah, Hb darah dan pertanyaan kesehatan secara umum, misalnya tentang konsumsi obat selama 24 jam terakhir atau sehabis melakukan perjalanan jauh yang mengakibatkan kondisi badan kurang stabil.

Kegiatan donor darah merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial bagi seluruh pegawai Kantor Perhubungan Aceh.

Faisal mengharapkan, dengan bakti sosial donor darah yang diselenggarakan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap orang lain yang membutuhkan donor darah. Katanya.(Rafli).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *